Widho Faisal

Lapisan Atmosfer Bumi

     


      Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi. Atmosfer tersusun atas beberapa lapisan, yang dinamai menurut fenomena yang terjadi di lapisan tersebut.
  Atmosfer Bumi terdiri atas nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon (0.9%), karbondioksida (variabel, tetapi sekitar 0.0357%), uap air, dan gas lainnya. Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi sinar ultraviolet dari Matahari dan mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam. 75% dari atmosfer ada dalam 11 km dari permukaan planet.


Atmosfer terdiri dari 5 lapisan, yaitu :

  1.  Troposfer adalah lapisan yang menyediakan udara untuk pernapasan kita. Awan dan angin terletak    pada lapisan ini.
  2.  Stratosfer adalah lapisan yang tidak terdapat uap air dan hanya mengandung gas. Udara di lapisan ini sangat bersih dan tenang. Lapisan ini menjadi jalur yang nyaman untuk dilalui pesawat terbang. Di lapisan ini juga terdapat ozon yang berfungsi menyaring sinar ultraviolet.
  3.  Mesosfer terletak pada ketinggian anatar 49 - 82 Km dari permukaan bumi. Lapisan ini merupakan lapisan pelindung bumi dari tubrukan meteor atau benda langit lainnya yang memasuki atmosfer bumi. 
  4. Termosfer terletak pada ketinggian antara 81 - 800 Km dari permukaan bumi. Lapisan ini disebut juga lapisan ionosfer. Karena pada lapisan ini tempat terjadinya ionisasi partikel-partikel yang dapat memberikan efek perambatan/refleksi gelombang radio, baik gelombang panjang maupun pendek.
  5.  Eksosfer terletak pada ketinggian antara 800 - 1000 Km dari permukaan bumi. Lapisan ini merupakan tempat terjadinya gerkan gerkan atom secara tidak beraturan. Lapisan ini merupakan laisan yang paling panas dan molekul udara dapat meninggalkan atmosfer sampai ketinggian 3.150 Km dari permukaan bumi.
Source : Sumber Terpercaya




========================================================================
     

Widho Faisal

About Widho Faisal -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :